Manfaat Nasi Jagung untuk Penderita Diabetes


manfaat-nasi-jagung-300x225Salah satu perbedaan nasi jagung dengan nasi putih adalah kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya. Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam nasi putih merupakan karbohidrat sederhana, sedangkan kandungan karbohidrat pada nasi jagung merupakan bentuk karbohidrat kompleks. Saluran pencernaan akan mencerna karbohidrat kompleks secara lambat. Hal ini bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh mengalami kenaikan secara lambat pula.

Hal ini bisa menyebabkan rasa kenyang dalam perut akan bertahan lebih lama, sehingga menjadikan karakteristik makanan yang terbuat dari jagung sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dan juga orang-orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang berasal dari bahan  jagung dapat membantu dalam pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM) dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung. Senyawa fitokimia dalam jagung dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh.

Manfaat nasi jagung di atas, didapatkan dengan proses pembuatan nasi ini tergolong sedikit rumit. Namun pada saat dulu, hal tersebut tak menyulutkan niat masyarakat untuk mengkonsumsi sebagai bahan makanan alternatif yang lebih murah. Hal yang perlu diperhatikan saat pengolahan nasi jagung adalah takaran air yang harus pas, karena jagung terkenal banyak menyerap air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: