Tithonia diversifolia


 

Tithonia diversifolia – Pupuk Organik Cair Ciremai

Manfaat tanaman (Tithonia diversifolia) telah dikenal sebagai makanan ternak, kayu bakar, kompos, insektisida, dan tanaman penguat teras. Perkembangan tanaman ini berasal dari biji dan stek batang. Rata-rata produksi biomassa kering asaltajuk tanaman paitan pada umur 5 – 8 bulan adalah sekitar 2,6 mg/ha.

Tanaman (Tithonia diversifolia) mengandung bahan beracun yang disebut asam palminat. Senyawa asam palminat bersifat repellent (penolak serangga) serta berpengaruh terhadap saraf dan metabolisme serangga. Cara masuk pestisida ini kedalam tubuh serangga bisa secara kontak maupun perut (oral) pada konsentrasi 50 – 60 gr/l sudah efektif dalam mengendalikan serangga hama.

Tanaman (Tithonia diversifolia) mulai berbunga pada akhir musim hujan. Tinggi tanaman bervariasi antara 1 – 3 m. Tumbuhan ini banyak ditemukan padalahan terbuka, pada lahan kosong yang tidak dipergunakan, tumbuh disekitar lahan pertanian, disekitar rumah dan disepanjang tepi jalan. Tanaman (Tithonia diversifolia) ialah tanaman semak dengan kandungan N (Nitrogen), P (Fosfor), dan K (Kalium) dalam biomassa daun hijau relatif tinggi (George, Gregory, Robinson dan Jama, 2001).

Biomassa daun tanaman (Tithonia diversifolia) mempunyai kandungan nutrisi dan dikenal sebagai sumber potensi nutrisi bagi tanaman budidaya (Rutangga, Nancy, Charlesdan Cheryl, 1999). Biomassa tanaman (Tithonia diversifolia) telah lama dikenal sebagai unsur hara yang efektif untuk tanaman padi di Asia dan tanaman jagung serta tanaman sayuran di Afrika. Dalam 100 g biomassa segar tanaman (Tithonia diversifolia) mempunyai kandungan unsur hara yang tinggi, diantaranya 3,5% N, 0,37% P, dan 4,1% K

Tanaman (Tithonia diversifolia) ialah tanaman semak dari famili Asteraceae
yang biasanya tumbuh liar sebagai tanaman pagar dan mempunyai biomassa tanaman mencapai 8,5 mg/ha (ICRAF, 1997). Jama, Palm, Buresh dan Amadolo (1999) menyatakan bahwa tanaman ini berasal dari Meksiko dan tersebar luas didaerah humia dan subtropics seperti Amerika Tengah dan Selatan, Asia danAfrika.

Tanaman (Tithonia diversifolia) juga mempunyai laju dekomposisi yang cepat. Pelepasan N terjadi sekitar 1 minggu dan pelepasan P dari biomassa tanaman terjadi sekitar 2minggu setelah dimasukkan ke dalam tanah (Jama et al ., 1999) Tanaman (Tithonia diversifolia) khususnya pada bagian daun selain dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk tanaman, juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida untuk mengendalikan hama dan penyakit tumbuhan.

Sumber : Biomedical and Life Sciences.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: