Rujak kangkung


rujak kangkung

Rujak kangkung akhir-akhir ini mulai diburu orang. kombunasi kangkung yang direbus dan dicampur bumbu rujak rasa pedas asam ini sangat cocok untuk selingan makanan kecil di musim panas.

Anda yang pekerja keras di kantor, ada baiknya anda mencoba rujak kangkung ini, pada siang hari saat pekerjaan masih menumpuk dan terserang rasa kantuk, dijamin akan “melek” dan segar kembali setelah makan rujak kangkung.

Sebagian masyarakat Kabupaten Kuningan – Jawa Barat mengklaim bahwa rujak kangkung ini berasal dari wilayahnya. Memang tidak dipungkiri, anda bisa menemukan warung rujak kangkung ini bertebaran di wilayah Kabupaten Kuningan, bahkan sudah merambah ke Wilayah Cirebon.

Namun saya tidak sedang membahas dari mana asal rujak kangkung ini, karena di wilayah lain tentu juga sudah mengenal dengan baik rujak kangkung. Saya lebih tertarik pada ide dan peluang bisnis “rujak kangkung”.

Resep dan bahan yang diperlukan untuk membuat rujak kangkung sangat mudah dan sederhana ;

Cara Memasak Rujak Kangkung
Bahan :

10 ikat kangkung, 8-10 batang
2 potong tahu ukuran 8 cm x 8 cm, goreng, potong 1 cm x 2 cm x 2 cm
1 buah mentimun, cuci, potong tipis
100 gr taoge, bersihkan, rebus

Sambal rujak kangkung:

10 cabai rawit
3 cabai merah
1 sendok teh terasi
Garam secukupnya
200 gr gula jawa
1/2 sendok teh asam jawa

Cara memasak rujak kangkung :

  1. Siangi kangkung, pilih bagian yang muda, kemudian rebus dan tiriskan.
  2. Sambal : Gerus cabai rawit, cabai merah, terasi, garam dan gula jawa sampai rata, tambahkan asam jawa dan kalau perlu campurkan 1-2 sendok air masak.
  3. Aduk kangkung rebus, tahu, mentimun, taoge dan sambal jadi satu.

Modal dan peluang usaha rujak kangkung

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha rujak kangkung sangat terjangkau. Bahan baku kangkung masih mudah didapat dengan harga murah. Satu ikat kangkung seharga Rp 3.000,- dapat dibuat menjadi 3 porsi seharga @ Rp 5.000, kalau warung anda strategis dan rasa bumbu rujaknya OK, maka anda akan bisa menjual 50 – 100 porsi sehari. Anda bisa hitung sendiri keuntungannya bukan?.

Nah kalau di tempat anda mudah mendapatkan kangkung, ada tempat untuk berjualan yang ramai/ banyak dilewati orang, mengapa anda tidak mencoba bisnis “ RUJAK KANGKUNG ANEKA RASA”.

Mengapa pakai aneka rasa? Ya biar beda dengan rujak kangkung yang sudah ada. Anda bisa buat spesialisasi rasa : asam, pedas, rasa ikan, rasa udang dan rasa lain sesuai denga kreatifitas anda.

Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: