Tips memulai bisnis sendiri


warung nasi

Memulai bisnis sendiri janganlah menunggu memiliki modal (uang) yang cukup, lokasi yang strategis, karyawan yang cakap, waktu yang luang untuk memulai bisnis adalah kondisi yang ideal. Juga jangan berpikir untuk mendapatkan semuanya dalam waktu yang bersamaan tentu butuh pengorbanan yang lebih besar.

Anda bisa memulai dari hal yang Anda suka atau apapun yang Anda biasa lakukan tetapi kali ini buatlah dalam konteks bisnis untuk menghasilkan uang. Ide tidak harus kompleks. Rumah makan Padang ada dimana-mana. Yang ditawarkan adalah makanan cepat saji dari Tanah Minang. Sederhana saja kan? Gunakan kreatifitas Anda untuk membuat itu lebih baik dan jangan terjebak ke mentalitas pekerja yang mengharapkan penghasilan tetap dan aman.

Membangun bisnis sendiri merupakan dambaan banyak orang, terutama yang sudah bosan sebagai orang gajian dengan predikat pegawai dengan sebutan lain buruh. Nah, bagi anda yang berencana membuat atau membangun bisnis usaha sendiri, berikut beberapa tips yang harus dijalani sebagai tahapan prosesnya.

1. Penelitian pasar (Market Research), adalah tahap awal dan yang penting dalam memulai membangun bisnis sendiri. Anda harus melakukan penelitian di pasar untuk menentukan: target konsumen yang menjadi target utama, dimana mereka, apa dan bagaimana promosi dapat dilakukan.

2. Memilih partner kerja yang tepat (Best Partner), dapat menentukan keberhasilan bisnis, karena tidak jarang pebisnis dikecewakan oleh partner bisnisnya.

3. Jaminan Keuangan (Financial Security), meski bukan sesuatu yang mutlak namun jaminan keuangan atau modal sangat diperlukan untuk memulai bisnis sendiri. Ada beberapa pilihan dalam mendapatkan modal, yaitu: pinjaman bank baik secara pribadi maupun pinjaman untuk usaha kecil, ikut program pemerintah di bidang usaha kecil dan menengah (UKM), mencari investor dan memulai usaha bersama.

4. Menciptakan image yang unik (Create Unique Image), ini yang akan menentukan atau membedakan bisnis yang anda jalankan ini dengan bisnis serupa yang orang lain telah jalankan sebelumnya. Image unik ini juga akan meyakinkan calon konsumen anda, karena anda mudah dikenal publik.

5. Jangan berfikir untung dulu, merencanakan perputaran uang lebih cepat dengan keuntungan tidak besar dibandingkan dengan keuntungan besar namun perputaran uang yang lambat adalah pilihan tepat, agar bisnis anda dikenali dulu, menyenangi produknya dan selanjutnya konsumen anda akan tergantung pada bisnis yang anda sedang jalankan.

3 Tanggapan to “Tips memulai bisnis sendiri”

  1. Modal awal | Want to be developer and blogger Says:

    […] pada generasi terdahulu biasanya memerlukan waktu bertahun-tahun agar dapat mengumpulkan modal yang mencukupi untuk memulai dan membangun sebuah bisnis yang sukses, baik dalam bidang industri […]

  2. Tujuh Tips menjalankan bisnis sampingan | Want to be entrepreneur and blogger Says:

    […] hobi anda. Anda harus siap untuk menghabiskan waktu luang untuk memberikan perhatian lebih pada perjalanan bisnis sampingan (paruh waktu) ini. Atau kalau tidak maka kedua-duanya (karir dan bisnis sampingan ) anda […]

  3. Anda ingin jadi bos sendiri ? | Want to be entrepreneur and blogger Says:

    […] Jika Anda tidak puas dengan situasi Anda saat ini, mengakui bahwa tidak ada yang bisa memperbaikinya kecuali Anda. Tidak ada gunanya menyalahkan ekonomi, atasan Anda, pasangan Anda atau keluarga Anda. Perubahan hanya bisa terjadi jika Anda membuat keputusan sadar dan bertekad untuk mewujudkannya. Ambillah sikap untuk memulai bisnis sendiri. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: