Mengapa anda berhenti mencapai tujuan ?


 

Punya ide atau gagasan dan merealisasikannya adalah dua konsep yang berbeda satu sama lain. Kita semua memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa membantu atau menghalangi kita dalam upaya mencapai tujuan yang kita inginkan. Beberapa dari kita percaya bahwa kita tidak memiliki kemampuan sementara yang lain takut gagal atau kurang percaya diri.

Berikut ini beberapa hambatan atau jebakan umum yang dapat menghalangi pencapaian tujuan:

 

• Menunggu sesuatu terjadi

Kenyataannya, semakin lama Anda menunggu, semakin kecil kemungkinan Anda menyelesaikan sesuatu. Memang godaan untuk menelantarkan sesuatu dan mengalihkan tanggung jawab kepada orang lain, sering kali datang. Memikul tanggung jawab adalah komponen penting dalam pelaksanaan tugas dengan sukses.

 

• Tidak mengetahui hal yang Anda inginkan

Kita jarang didorong untuk memikirkan pencapaian, kekuatan, dan kelemahan sendiri. Karenanya, terkadang Anda sulit mengidentifikasikan keinginan dan prioritas Anda dalam hidup.

• Berpikir Anda perlu mengerjakan seluruh proyek sekaligus

Terkadang ukuran suatu proyek bisa menakutkan dan membuat tugas tampak terlalu sulit. Memandang proyek sebagai tugas besar yang tidak bisa dibagi-bagi terkadang dapat menunda kita memulainya. Kita juga lebih sulit mempertahankan motivasi karena merasa terbebani. Kemampuan organisasi penting untuk sukses.

• Gagal menetapkan tujuan

Sebagian orang suka hidup hanya untuk masa kini dan memiliki penolakan dari dalam untuk menetapkan tujuan. Penetapan tujuan sangat penting untuk pelaksanaan proyek secara efektif. Penelitian menunjukkan lebih dari 90 persen orang yang menetapkan tujuan mencapainya.

 

• Takut gagal

Beberapa orang di antara kita memiliki keyakinan yang salah, bahwa kita harus sempurna setiap saat dan kegagalan adalah hal yang buruk. Kenyataannya, kebanyakan orang mendapat pelajaran terbaik dari hal terburuk dalam kehidupan. Kegagalanlah yang dapat mengajarkan kita pelajaran berharga. Namun, kita terus menyalahkan diri sendiri ketika berbagai hal tidak berjalan dengan baik.

• Membandingkan diri dengan orang lain

Banyak di antara kita yang membandingkan diri dengan orang lain. Kita sering diajarkan, orang lain lebih pintar, lebih terpelajar, lebih menarik, atau lebih baik daripada kita. Pembandingan ini bisa merendahkan harga diri dan berdampak buruk pada nilai diri kita. Berapa banyak dari kita yang mengatakan, “Saya benar-benar ingin melakukan hal ini, tetapi saya tidak cukup baik.”?

 

Masih banyak rintangan lain yang bisa ditambahkan dalam daftar ini, apalagi ketika Anda memikirkan pengalaman sendiri saat menyelesaikan berbagai hal.

Sumber: How to get Things Done, Ann Jackman

 

 

 

 

Ditulis dalam Artikel. 2 Comments »

2 Tanggapan to “Mengapa anda berhenti mencapai tujuan ?”

  1. Obat kegagalan itu ada di tangan anda | Want to be entrepreneur and blogger Says:

    […] merasa terluka, kecewa dan berkecilhati atas kegagalan ini. Anda terkadang ingin berhenti saja melakukan apa yang sedang anda perjuangkan dan mencoba sesuatu yang benar-benar […]

  2. Anda terlahir tanpa rasa takut | Want to be entrepreneur and blogger Says:

    […] tang…Obat kegagalan itu a… on ANDA INGIN BAHAGIA?Obat kegagalan itu a… on Mengapa anda berhenti mencapai…Obat kegagalan itu a… on Mengapa kita takut gagal […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: