BERPRESTASI DENGAN SEPAROH WAJAH (ini memang unik)


UNIK VERSUS HEBAT
Membaca Karakter Masyarakat

Maaf, saya bukan EO nya program Indonesia Mencari Bakat (IMB). Dan berani sumpah, tak pernah mengirim 1x pun sms dukungan kepada para kandidatnya. Tapi saya memang penggemar acara reality show atau kontes semacam itu ketimbang sinetron yang memakai skenario.

Saat ini tersisa 4 Finalis IMB, yaitu;
1. Bocah Kecil bernama BRANDON dengan bakat menari modern yang luar biasa.
2. Gadis remaja bernama PUTRI AYU dengan bakat menyanyi klasik ala seriosa.
3. Manusia 2 kelamin bernama HUDSON yang berperan 1/2 pria 1/2 wanita saat menunjukkan bakat unik sebagai entertainer.
4. Kelompok pengamen jalanan bernama KLANTINK dengan bakat memainkan musik kreatif, inovatif dan penuh improvisasi.

Nah, maaf saya berlagak menjadi Dedy Courbuzier yang bisa menebak siapa Juara Piala Dunia 2010 di Afsel yang lalu.

Berdasarkan pendekatan ala ILMU MARKETING, maka saya meramalkan bahwa yang akan menjadi Juara I kontes IMB (Indonesia Mencari Bakat) adalah HUDSON.

Alasannya??
Dari sisi DIFFERENSIASI, apa yang ditampilkan oleh HUDSON tergolong UNIK. Itu ide dan bakat langka yang tak semua orang berani dan bisa memainkannya. Mirip pita kaset yang ada side A (Hudson) dan side B (Jessica).

Sementara bakat yang dimiliki oleh finalis lain, yaitu Brandon, Putri Ayu, dan Klantink adalah juga bakat HEBAT tapi dari sisi UNIK nya kurang kuat.

Banyak anak kecil lain yang bisa menari modern. Bedanya poin Brandon mungkin 9, sementara poin anak kecil lain soal bakat menarinya mungkin cuma 5 atau 6.

Banyak gadis kecil lain yang bisa menyanyi bagus. Bedanya poin Putri Ayu mungkin 9, sementara poin anak kecil lain soal bakat menyanyinya mungkin cuma 5 atau 6.

Banyak grup musik lain yang bisa kreatif dan inovatif. Bedanya poin Klantink mungkin 9, sementara poin grup musik lain soal kreativitas mungkin cuma 5 atau 6.

Disini saya mengerucutkan 4 Finalis tersebut menjadi 2 kelompok;

HUDSON punya bakat HEBAT yang ditampilkan secara UNIK.

BRANDON, KLANTINK, dan PUTRI AYU punya bakat HEBAT tapi kurang UNIK.

Jika saya berani meramal HUDSON bakal menjadi Juara I dengan penilaian lebih dari sisi UNIK, maka saya meramal juga bahwa Juara II akan ditempati oleh Grup Musik KLANTINK.

Kenapa??
Dari pendekatan secara Psikologis, selama ini saya melihat masyarakat Indonesia cenderung lebih mudah jatuh simpati kepada orang-orang yang berlatar belakang dari keluarga kurang mampu ketimbang mereka yang berasal dari keluarga berada.

Nah, HUDSON dan KLANTINK masuk kategori tersebut ketimbang BRANDON dan PUTRI AYU yang secara ekonomi lebih berada.

Maaf jika saya merilis ramalan seperti ini di milist nya komunitas properti. Saya hanya ingin mengajak anda semua melihat sejauh mana faktor UNIK alias Differensiasi berpengaruh besar dimata masyarakat. Konteks masyarakat disini bisa berarti konsumen yang akan menjadi target market produk properti kita lho.

Begitupun kemampuan kita menganalisa karakter, budaya, dan kebiasaan masyarakat secara tepat bisa melatih intuisi kita dalam menyajikan sebuah produk properti yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Agak dipas pas in sih antara konten yang saya tulis dalam kaitannya dengan bisnis properti. Tapi masih nyambung juga kan? Hehe …

Ditulis oleh : Suhu Ari Wibowo di millis yukbisnisproperty@yahoogroups

Disunting oleh : Editor propertycirebon.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: