Lima tips merubah strategi pemasaran


Sun Tzu - ahli strategi

Strategi pemasaran terbaik yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan kecil di Amerika Serikat
Penjualan terus menurun. Pelanggan lama menghilang. Pasar sagat tidak kondusif. Krisis ekonomi telah menghajar tanpa ampun pada pemilik usaha kecil. Akan tetapi ada banyak pengusaha ulet yang menolak untuk menyerah pada kondisi ini, pengusaha yang tersisa tetap bertekad untuk melakukan perubahan pada strategi pemasaran mereka untuk menghadapi perubahan lingkungan di sekitarnya. Dan mereka memang melakukan dan membuktikan bahwa perubahan strategi pemasaran yang mereka lakukan sangat efektif.
Tips-tips yang diperoleh dari pengalaman perusahaan dalam melakukan perubahan strategi pemasaran ini saya harapkan akan berguna dalam bisnis Anda.

Strategi pemasaran 1: Drive secara terus menerus tim Anda untuk menghasilkan ide-ide baru.

Ketika pendapatan di Suzanne Bates ‘Wellesley, Mass sebuah perusahaan berbasis pelatihan eksekutif perusahaan mengalami penurunan sebesar $ 600.000 tahun 2009, ia mengumpulkan para karyawan untuk membantu menemukan solusi dalam mengatasi krisis ini. Tim 10 yang beranggotakan karyawan di Bates Komunikasi melakukan brainstorming bagaimana membuat strategi pemasaran baru agar jasa pelatihan menjadi lebih relevan dalam kondisi sulit seperti ini – dan klien saat ini menjadi lebih terlibat dalam bisnis.

Strategi pemasaran dijalankan Pelatih Bates yang ‘kemudian menjemput bola dengan melakukan pendekatan/ membuka komunikasi kepada klien dengan segala cara, mulai dari email mingguan, melakukan kontak telpon, mengadakan makan siang bersama, mengirim mereka artikel kepemimpinan dan lain-lain.Strategi pemasaran ini sudah sering dijalankan namun banyak yang melupakannya.
Setelah strategi pemasaran baru dijalankan, ternyata banyak klien dari perusahaan besar memerlukan pelatihan kepemimpinan yang lebih dari sebelumnya, untuk menghadapi situasi sulit ini, tetapi mereka tidak bisa membayar harga tinggi untuk itu. Sehingga perusahaan meluncurkan pilihan harga yang lebih rendah, termasuk teleseminar $ 25 dan sesi pembinaan secara berkelompok. Bates juga mulai menawarkan pelatihan kepemimpinan untuk perusahaan kecil. Beberapa pelatihan yang dilakukan memang tidak menghasilkan keuntungan, namun penerapan strategi pemasaran ini menunjukkan bahwa resesi dapat diubah sebagai sebuah kesempatan untuk mendapatkan pangsa pasar baru.

Hasilnya Bates Komunikasi memperoleh pendapatan sebesar $ 2,3 juta pada tahun 2010, mengalami peningkatan dari pendapatan tahun sebelumnya sebesar $ 1.300.000. Strategi pemasaran yang diterapkan ternyata mampu mendongkrak penjualan yang sangat signifikan.

Strategi pemasaran 2: Menganalisis data penjualan untuk pasar yang lebih efektif.

Begitu menyadari bahwa penjualan melalui website sendiri tidak mampu mengatasi resesi, New Hyde Park, NY berbasis Tuccini Corp, segera melakukan perubahan strategi pemasarannya yaitu dengan mengalihkan perhatian yang lebih besar untuk menjual parfum melalui Amazon.com.

Pendiri Nick Uresin dikumpulkan untuk merumuskan strategi pemasaran baru dan melakukan pengujian data tentang harga sampai tiga kali sehari selama lima bulan untuk menentukan bagaimana melakukan penyesuaian harga yang tepat dan menentukan kapan waktu yang tepat melakukan perubahan harga agar penjualan meningkat.

Sebagai contoh, ia belajar bahwa penyesuaian harga produk pada pukul 6 sore ternyata lebih menarik bagi konsumen untuk melakukan pemesanan online, daripada perubahan harga yang dilakukan pada jam 02:00 pagi.Ini adalah tanda-tanda strategi pemasaran yang baru pantas untuk di uji coba.

Strategi pemasaran ini sangat dominan dalam memanfaatkan data, ia merancang sebuah formula yang mengarah untuk menciptakan sebuah program perangkat lunak guna melacak penjualan dan secara otomatis menyesuaikan harga. Selama empat tahun terakhir, Uresin juga telah mengembangkan sistem lain perangkat lunak untuk memantau di mana lokasi para pembeli itu berasal. Gabungan, kedua sistem tersebut sangat membantu Tuccini dalam meningkatkan penjualan. Langkah yang sangat luar biasa dalam menciptakan strategi pemasaran baru.

Hasil dari penerapan strategi pemasaran ini adalah pada tahun 2010, perusahaan ini mampu menciptakan penjualan lebih dari dua kali lipat menjadi $ 3,3 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Prestasi ini mengantarkan perusahaan mampu melunasi hutang sebesar $ 500.000 dan terbebas dari hutang.Sebuah prestasi baru dengan strategi pemasaran baru.

Strategi pemasaran 3 : Pergeseran sumber daya ke dalam inisiatif yang mendorong pendapatan.

Pada strategi pemasaran merek perusahaan Parker LePla, resesi tahun 2009 telah mengakibatkan penurunan pendapatan $ 1,5 juta, turun 15% dari tahun sebelumnya. Pendiri Lynn Parker menghentikan bonus akhir tahun yang biasa dibagi untuk karyawan dan menggunakan tabungan tersebut untuk meningkatkan anggaran iklan perusahaan yang berbasis di Seattle dengan lebih dari 80 persen. Inisiatif baru termasuk sebuah sponsor online dengan stasiun radio NPR KPLU. Strategi pemasaran ini fokus pada efisiensi dan pemberdayaan SDM untuk mendorong kegiatan promosi.

“Ini stasiun radio khusus yang memiliki prestasi terbaik bagi para pendengarnya juga dalam dalam manajemen dan sangat efektif sebagai sarana promosi untuk menunjang strategi pemasaran di wilayah jangkauannya. Hasilnya … penjualan terdongkrak sangat sukses.,” kata Parker, yang juga menciptakan sebuah divisi baru perusahaan berfokus pada merek digital untuk mendapatkan klien.
Divisi digital yang baru dibentuk untuk mensukseskan strategi pemasaran ini dengan cepat mulai menghasilkan dan bahkan menjadi bisnis baru, hasil penghitungan menunjukkan divisi ini mampu menyumbangkan sebanyak 30 persen dari pendapatan tahunan. Saat ini, Parker LePla mempekerjakan 11 karyawan penuh-waktu untuk divisi barunya dan pendapatan tahunan meningkat menjadi sebesar 2010 $ 2,5 juta. Strategi pemasaran yang sangat berani dan terbukti efektif.

Strategi pemasaran 4 ; Merubah struktur harga Anda.

Strategi pemasaran ini diterapkan ketika Great Neck, yang berbasis di New York membutuhkan Government Auctions.org berhenti berlangganan tahunan, yang memungkinkan untuk melihat daftar perusahaan lelang pemerintah, sebagai langkah awal untuk memenangkan kembali pelanggan.

Strategi pemasaran dengan model penetapan harga yang baru dimulai dengan percobaan tiga-hari bebas biaya dan hanya diikuti oleh pelanggan bulanan – tawaran ini lebih menguntungkan bagi konsumen yang sadar harga. “Jika kita bisa memberikan resiko yang lebih kecil bagi pelanggan kami, mereka akan lebih mungkin untuk mengaktifkan account,” kata co-pendiri Ian Aronovich.

Hari ini, hasil penerapan strategi pemasaran baru ini dapat dilihat hampir 60% dari orang-orang yang memilih untuk mengikuti program percobaan gratis, akhirnya berlanjut untuk mendaftar berlangganan bulanan. Model strategi pemasaran dengan penetapan harga baru ini menghasilkan pendapatan hampir enam kali lebih banyak untuk setiap pelanggan yang tetap selama setahun penuh dibandingkan dengan tarif flat yang asli.

Pada tahun 2010 perusahaan memperoleh pendapatan lebih dari $ 930.000, meningkat 58% dari pendapatan tahun sebelumnya. Sebuah strategi pemasaran yang sangat inovatif dan efektif.

Strategi pemasaran 5 : Memeriksa kembali model bisnis Anda.

Para pendiri HuePhoria LLC pernah meraih sukses menjual gelas yang dilukis dengan tangan untuk partai besar atau sebagai hadiah. Tapi setelah resesi penjualan sangat jatuh. Strategi pemasaran yang baru adalah, Mikro Syracuse di New York mulai menjalin hubungan dengan perusahaan barang, produsen lain dan pengecer yang bersedia untuk mengelola persediaan. Ini adalah cara untuk memperluas penawaran produk tanpa birokrasi yang rumit dan menghemat biaya sewa gudang. Strategi pemasaran ini sangat hemat biaya dan meningkatkan daya saing.

Mengambil sebuah model strategi pemasaran langsung langsung, perusahaan seperti Chef sangat diuntungkan di mana agen penjualan, sebagian besar perempuan, menjual produk secara langsung untuk teman-teman mereka, HuePhoria juga meluncurkan “Bola Moms” pada November 2010. Program penjualan langsung ini dilengkapi mulai-up kit untuk $ 150 sampai $ 599 sehingga mereka dapat melakukan bisnis di rumah dan memberikan potongan harga produk HuePhoria sebesar 25%.
Dengan menerapkan strategi pemasaran dengan penjualan langsung, Bola Moms sekarang mampu meningkatkan penjualan sebesar 44%. Penjualan pada kuartal pertama tahun 2011 naik 72%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sebuah strategi pemasaran yang sangat brillian dan sangat efektif.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: